Wow! Bahan Bakar Mobil Balap Ferrari F1 Sudah Dijual di Indonesia!

Ternyata bahan bakar untuk mobil balap sekelas Tim Scuderia Ferrari Formula 1 sudah dijual bebas untuk umum dengan harga Rp 11.000,- per liter. Ini saya lihat ketika memasuki SPBU Shell di Jakarta dan melihat bahwa saat ini mereka sudah menjual bahan bakar jenis Shell V-Power yang biasanya digunakan Ferrari untuk balapan paling bergengsi Formula 1.

Tentu saja saya langsung mencoba jenis bahan bakar ini, karena selama ini saya adalah fans sejati Tim Scuderia Ferrari Formula 1 sejak jaman pembalap Michael Schumacher sampai Fernando Alonso. Walau koleksi mobil Ferrari saya di rumah hanya sebatas merk Burago dan HotWheels 😀 tapi untuk bahan bakar kendaraan saya selalu menggunakan Shell baik bahan bakar maupun pelumas yang sudah terbukti kehandalannya. Terlebih dengan dikeluarkannya bahan bakar yang biasa digunakan Ferrari untuk balapan Formula1 yaitu Shell V-Power tentu semakin menarik minat saya untuk menggunakan bahan bakar tersebut. Saya akan mencoba dalam satu bulan ke depan dan akan melihat hasilnya apakah sesuai dengan apa yang diklaim oleh pihak Shell bahwa bahan bakar jenis ini memberikan performa yang tinggi untuk kendaraan.

Shell V Power Pic1

Foto Ilham anak saya bersama mobil balap kesayangannya

Namun terlepas dari itu, saya sangat kagum dengan kerjasama antara Ferrari dan Shell yang sudah berlangsung puluhan tahun. Bahkan sebelum mobil Ferrari itu dibuat, jauh sebelumnya Enzo Ferrari yang menjadi pembalap pada tahun 1920 sudah didukung oleh Shell sebagai pemasok bahan bakar untuk mobil balapnya saat itu. Enzo saat itu sangat puas dengan dukungan dari Shell yang menjadi sponsor balapannya. Dan beberapa tahun kemudian, ketika Enzo mulai membuat merancang mobil sendiri dengan merk Ferrari di Maranello Italia, bahan bakar dan pelumas yang digunakan adalah Shell. Sejak saat itulah kerjasama antara keduanya terjalin hingga saat ini.

Shell V Power Pic2

Mobil Ferrari di sebuah mall saat pameran beberapa waktu lalu di Jakarta (koleksi Pribadi)

Kerjasama Ferrari – Shell berlanjut di dunia balap Formula 1. Hingga kini kerjasama keduanya sudah menghasilkan 12 kali juara dunia pembalap dan 10 kali juara dunia konstruktor. Rasanya sulit dipisahkan antara Ferrari dan Shell. Keduanya sudah saling mengisi dan melengkapi. Dan sudah terbukti kerjasama keduanya merupakan kerjasama tersukses dalam sejarah Formula 1.

Shell juga mengembangkan produk yang dapat digunakan di jalan raya. Hal ini untuk memastikan bahwa produk mereka juga bisa dirasakan langsung oleh para pengendara. Contoh yang paling baru adalah -seperti yang disebutkan diatas – dengan dikeluarkannya Shell V-Power yang baru dipasarkan di Indonesia. Shell V-Power yang dipasarkan mengandung 99% bahan yang sama dengan yang digunakan oleh tim Scuderia Ferrari F1 di ajang FIA Formula One World Championship 2013.

Secara teknis bahan bakar Shell V-Power memiliki formula double-action yang  dirancang untuk membersihkan mesin dan mengurangi gesekan secara aktif agar tenaga yang dihasilkan menjadi lebih besar. Bahan bakar ini juga dirancang untuk meningkatkan daya respon mesin dengan mencegah adanya sisa-sisa endapan (engine deposits) yang dapat menghabiskan tenaga mesin.

Bahan bakar Shell V-Power juga memiliki Friction Modification Technology (FMT)  yang berfungsi sebagai pengurang gesekan tambahan. Teknologi ini diciptakan untuk membuat sebuah lapisan pelindung (protective film) antara piston dan dinding silinder yang berfungsi sebagai pelumas pada permukaan-permukaan logam, sehingga daya gesek yang muncul akan berkurang dan mesin dapat bekerja dengan lebih bebas. FMT ini dibuat untuk memberikan daya yang lebih besar pada roda, dan merupakan teknologi yang sama seperti yang digunakan pada Scuderia Ferrari di Formula 1.

Wah ternyata asyik juga ya menggunakan bahan bakar yang sama dengan yang digunakan oleh Fernando Alonso dan Felipe Massa. Tapi satu yang tidak boleh ditiru, jangan ngebut seperti di balapan Formula 1 karena sangat berbahaya jika dilakukan di jalanan umum. Keep Safety Riding!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply