Tips Mudik Pertama Kali, Ikuti Langkah Ini Agar Perjalananmu Aman dan Nyaman

Baru pertama kali tinggal jauh dari keluarga dan merasakan mudik Lebaran? Tenang, tak perlu panik ketika mudik. Dengan persiapan yang matang, pulang ke kampung halaman nggak akan terasa ribet dan bikin pening. Meski sudah berlalu, cerita mudik menjadi bagian hidup banyak orang, tanpa kamu sadari sebenarnya banyak hal yang membuat kamu ribet sendiri.

Di mudik tahun ini ada yang merasa pulang ke kampung halaman dengan barang bawaan sekampung juga? Banyak banget. Padahal cukup bawa barang seperlunya saja, menyiapkan baju ganti sesuai jumlah hari liburan di kampung halaman dan tak perlu membawa banyak alas kaki. Pilih mana yang paling nyaman dan bisa digunakan untuk berbagai acara yang berbeda agar tak perlu bawa banyak pakaian dan alas kaki.

Sumber foto : www.akuratnews.com

Biasanya pemudik pertama kali pasti penginnya membawa banyak oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Agar lebih ringkas, mencoba mengirim oleh-oleh buat keluarga sejak jauh hari sebelum tanggal mudik melalui jasa pengiriman bisa jadi solusi. Dengan demikian, kamu tak perlu membawa banyak barang selama perjalanan.
Untuk kamu yang baru mudik kemarin, yuk cek tips mudik berikut biar rencana pulang kampung kamu bisa lebih sempurna.

Siapkan Tabungan Sejak Jauh Hari

Sumber foto : www.kotaserang.com

Coba mulai berhitung, untuk beberapa orang mudik memerlukan dana yang tidak sedikit, baik itu untuk membeli tiket kereta Lebaran (untuk pemudik dengan kereta) dan banyak kebutuhan lain. Karena itu, siapkan tabungan untuk mudik sejak jauh hari. Mengumpulkan sedikit demi sedikit akan terasa lebih ringan. Mungkin dana yang tersimpan sampai tahun depan tak terasa bisa saja men-cover semua biaya mudik kamu, bila kamu mulai menabung dari sekarang.
Ingat juga ya, tiket kereta Lebaran sudah dijual 90 hari sebelum hari raya. Jadi sebaiknya siapkan dana mudik sejak minimal enam bulan sebelum lebaran tahun depan.

Buat Itinerary Singkat


Agar waktu mencukupi untuk menemui keluarga dan juga sahabat di kampung halaman, ada baiknya untuk membuat itinerary atau rencana perjalanan singkat. Tak perlu saklek mengikuti rencana, tetapi itinerary ini akan membantumu untuk mengira-ngira, ke mana saja tujuan selama mudik dan berapa lama waktu liburan yang diberikan oleh kantor untuk Lebaran tahun ini.

Jangan sampai terlena pada satu acara, lalu ada keluarga dan sahabat yang tak sempat ditemui lantaran kurangnya perencanaan waktu liburan di kampung halaman. Apalagi kemudahan informasi melalui media sosial sekarang ini, pasti ada banyak undangan reuni masuk ke ponsel kamu kan?
Siapkan Tiket Mudik dan Balik Sekaligus

Dengan jadwal liburan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan, durasi tinggal di kampung halaman pastinya sudah terbayang. Agar perjalanan kamu lebih nyaman, sebaiknya beli tiket kereta Lebaran langsung untuk berangkat dan balik ke kota perantauan.

Jika terjadi satu hal dan kamu bisa memperpanjang waktu liburan, tenang saja. Karena tiket kereta Lebaran kamu bisa dijadwalkan ulang dan bisa disesuaikan dengan jadwal liburan yang kamu inginkan.

Memegang tiket kereta mudik Lebaran dan balik sekaligus juga membuat hati lebih tenang. Karena seperti waktu mudik, cari tiket untuk balik ke kota perantauan juga banyak tantangannya karena harus bersaing dengan pemudik lainnya.

Itu dia beberapa hal yang mungkin belum kamu lakukan saat mudik kemarin, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat kala musim mudik liburan datang kembali. Untuk yang belum bisa mudik tahun ini karena tugas dan kewajiban, semoga bisa mendapat rejeki dan bisa pulang lebaran tahun depan.

Be Sociable, Share!

Comments are closed.