Think Before You Share

Hampir setiap saat kita disuguhi oleh berita-berita negatif dan mengenaskan seperti berita tentang korupsi, pembunuhan, perkosaan, dan berita-berita menyedihkan lainnya. Bukan hanya di kanal mainstream seperti portal berita online tapi juga sudah masuk ke ranah social media. Timeline facebook dan twitter sudah dipenuhi oleh hasil share atau retweet teman-teman yang membagikan begitu saja tanpa mengecek kebenaran berita tersebut. Mereka melakukan itu karena tertarik dengan judul yang bombastis, merasa mendapat informasi penting terkini dan merasa harus yang pertama kali menyebarkannya. Padahal websitenya saja abal-abal dan nggak jelas. Biasanya namanya dimirip-miripin sama media yang sudah ngetop.

Akhir-akhir ini juga mulai masuk ke grup-grup WhatsApp, apapun itu jika dianggap belum pernah di share dalam grup, mereka berusaha melakukan broadcast yang pertama dan mendapat pujian atau jempol dari member lainnya. Padahal share tersebut bukan dia yang buat, dia juga hasil dari copy paste. Dan apa yang dishare belum tentu benar dan belum tentu setiap member suka. Apalagi menyangkut ideologi atau pilihan politik. Jadinya bisa rame dan akhirnya ada yang menyerah dan leave grup.

Sebenarnya hal itu tidak akan terjadi jika kita lebih bijak lagi dalam memilih informasi mana yang benar dan layak dibagikan. Pertama kita lihat portal atau website-nya apakah benar-benar website yang terpercaya, kadang ada juga website abal-abal yang namanya mirip dan membuat kita terkecoh. Pastikan bahwa website yang dimaksud adalah benar. Saya sendiri biasanya membaca berita terkini hari ini online Okezone.

Kedua, sebelum kita share, kita pastikan dulu apakah berita tersebut “layak” dibaca oleh teman-teman atau followers kita? Sekali share semua temen kita bakal lihat dan baca, mulai dari sahabat, teman kerja, guru, family, dll. Kalo misalnya berita tentang politik yang menyudutkan tokoh tertentu, lebih baik jangan karena siapa tahu tokoh tersebut panutan dari sebagian teman-teman atau followers kita. Demikian juga untuk sebuah klub sepakbola, artis, selera musik, dll. Jika mereka kontra dan tidak setuju tentu akan bertendensi perang komen atau twitwar. Apalagi jika mengandung unsur hinaan atau fitnah. Jika tidak terbukti, mereka bisa menuntut lewat UU ITE pasal 27 ayat 3 dengan dalih “perbuatan tidak menyenangkan” dan bisa dipidana langsung. Dipenjara langsung.  Serem kan! Dan sudah terbukti saat kejadian pilpres 2014 lalu. Berapa orang yang kalian unfriend? Siapa aja yang kamu unfollow? Hehehe

Salah satu referensi portal berita yang sering saya baca adalah Okezone. Saya suka membaca satu portal berita terkini hari ini online okezone yang merupakan portal online berita dan hiburan yang berfokus pada pembaca Indonesia baik yang berada di tanah air maupun yang tinggal di luar negeri. Okezone.com memiliki beragam konten dari berita umum, politik, peristiwa, internasional, ekonomi, lifestyle, selebriti, sports, bola, auto, teknologi, dan lainnya.

Okezone

Okezone.com resmi diluncurkan (Commercial Launch) sebagai portal berita pada 1 Maret 2007) dan merupakan cikal-bakal bisnis online pertama milik PT Media Nusantara Citra Tbk (MNC), sebuah perusahan media terintegrasi yang terbesar di Indonesia dan di Asia Tenggara. MNC juga memiliki dan mengelola bisnis media TV (RCTI, MNC TV, Global TV), media cetak (Koran Seputar Indonesia, Tabloid Genie, Tabloid Mom & Kiddie, majalah HighEnd, dan Trust), media radio (SINDO, Trijaya FM, ARH Global, Radio Dangdut Indonesia, V Radio), serta sejumlah bisnis media lainnya (mobile VAS, Manajemen artis, rumah produksi film, agen iklan, dll). Sampai dengan bulan Oktober 2008, Okezone.com mendapatkan peringkat ke 24 dari Top 100 website terpopuler di Indonesia (Sumber: Alexa.com), peringkat ini terus naik yang disebabkan semakin banyak pengunjung situs yang mengakses Okezone.com setiap harinya. Selain itu, jumlah pengguna internet yang mencapai 25 juta (Sumber: data APJII per 2005) diperkirakan untuk terus tumbuh dengan signifikan dalam beberapa tahun ke depan.

Dan berita terbaru dari okezone adalah informasi seputar sepakbola yaitu MNC grup bakal menyiarkan Liga Inggris 2016/2017. Wih mantap nih.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply