Talkshow Tips “Backpacking Dalam dan Luar Negeri”

Minggu 18 November 2012 saya bersama @RiniRaharjanti menjadi pembicara dalam acara talkshow seputar “Backpacking Dalam dan Luar Negeri” yang diadakan oleh @YukTravel dalam acara yang diadakan di Mal Kelapa Gading 3 Jakarta. Dalam talkshow ini kita berbicara tentang tips seputar traveling baik sebagai backpacker maupun sebagai tourist. Baik didalam negeri maupun luar negeri. Rini lebih banyak share tentang backpacker dan trip luar negeri. Sedangkan saya kebalikannya. Jadi kita ini seperti “Koper” dan “Ransel” hehehe…

 

Rini menjelaskan metode “ransel 7 kilo“, maksudnya ransel yang dibawa ikut maksimal beratnya 7 kilogram agar bisa dibawa ke kabin pesawat, tidak masuk bagasi. Kalau masuk bagasi resiko-nya tau sendiri kan bisa diobrak-abrik “oknum tertentu.

 

Saya juga menjelaskan agar perjalanan atau trip lebih efektif sebaiknya kita sudah membuat jadwal perjalanan atau itinerary sebelum berangkat sehingga waktu tidak terbuang percuma akan kemana lagi setelah ini, dll. Juga perlu melakukan sedikit riset sederhana via google tentang akomodasi, penginapan atau hotel mana yang paling banyak mendapat referensi.

 

Rini juga menjelaskan filosofi dari “backpacker” sendiri. Orang banyak menyalahartikan bahwa backpacker itu harus ngegembel, makan apa adanya, kucel, dll. Namun sesungguhnya backpacker adalah kita bisa menikmati perjalanan dengan memanfaatkan budget yang tersedia. Jika ada penginapan seharga Rp 200.000,- yang nyaman kenapa harus nginep di yang harga Rp 500.000,- Toh sesungguhnya saat kita traveling penginapan itu tidak lebih dari sebuah “locker” yang aman untuk menyimpan barang. Setelah seharian keliling saat tengah malam di hotel pasti kita langsung terlelap karena sudah kelelahan.

 

Saya menambahkan kalau trip keluar negeri yang harus dijaga adalah ID personal seperti passport, ktp, dll harus disimpan ditempat yang menempel di badan kita seperti saku, atau gantungan passport. Soalnya kalau disimpat di tas, kalau tas-nya tertinggal tentu kita akan kelabakan. Juga jika menyimpan uang jangan di satu tempat, usahakan terpisah-pisah, bisa di selipan, tas, kaos kaki, atau ******* (sensor :D)

 

Selain itu yang cukup penting adalah alat komunikasi. Jangan lupa pastikan apakah provider yang kita gunakan bisa dipakai di negara tujuan. Jika bisa segera aktifkan roaming sebelum hari keberangkatan.

 

Selain acara tersebut juga diadakan workshop fotografi dengan menghadirkan fotographer kawakan @ArbainRambey yang mengambil tema “Making Traveling Photo Essay“. Dalam event ini juga diadakan lomba photo dengan hadiah trip ke Phuket selama 3D2N 🙂 Wow, selamat yah untuk pemenang!!

 

Berikut foto-foto kegiatan tersebut (sumber foto: @YukTravel)

 

 

 

Serunya talk show bersama @riniraharjanti dan @HARRISmaul di hari Minggu ceria ini di Forum MKG 3 :)))

 

 

Trm ksh u/ @riniraharjanti @HARRISmaul yg”memanaskan”panggung #ODPF Forum MKG3 ngobrolin “Backpacking Dlm&LN”♥

 

“Making Traveling Photo Essay” w/Arbain Rambey di #ODPF Forum MKG3 skrg.Tips&Trick motret sunset jg ada lho 
Be Sociable, Share!

Leave a Reply