Rahasia Toyota Yaris Mobil Juara Dunia Rally yang digemari Anak Muda

Seru banget ngobrol tentang mobil Toyota Yaris bareng Dimas Aska, Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor dan Demas Agil pembalap dari Team Toyota Indonesia (TTI) dalam acara VIVA Talklife bareng blogger yang diadakan pada 24 Agustus 2019 di Resto Cerita Rasa, Kemang, Jakarta.

Kiprah Toyota Yaris di Indonesia hadir sejak tahun 2006 menggantikan Toyota Starlet, yang memang menyasar kalangan anak muda. Yaris langsung menjadi idola baru kaum millenial. Terlebih hadir pada tahun 2008 dengan versi TRD Sportivo semakin memperkuat image mobil anak muda berjiwa sportif. Saat ini hadir New Yaris dengan berbagai keunggulan.

Selain nyaman digunakan untuk keperluan sehari-hari, Toyota Yaris juga mengikuti berbagai seri balapan. Menurut Dimas, keikutsertaan Yaris dalam berbagai lomba termasuk seri rally dunia, bukan hanya untuk gaya-gayaan. Tapi juga ikut mengetes kemampuan kendaraan, apa saja kelebihan dan kekurangannya, sehingga dapat diperbaiki untuk produksi tahun berikutnya. Upaya Toyota ternyata membuahkan hasil. Tahun 2018 Toyota Yaris berhasil menjadi Juara dunia World Rally Championship (WRC) untuk kategori konstruktor. Prestasi ini sangat membanggakan karena Toyota terakhir meraih gelar ini tahun 1999. Untuk kejuaraan WRC tahun 2019 ini Toyota Yaris saat ini sedang memimpin klasemen sementara. Sedangkan untuk kiprah di tanah air, Toyota Yaris bahkan sudah 3 tahun berturut-turut menjadi juara dan salah satu pembalapnya adalah Demas. Apa saja sih fitur-fitur yang ada di New Yaris 2019. Mari kita bahas satu per satu.

Pertama fitur safety atau keselamatan merupakan fitur utama dalam sebuah kendaraan. Percuma nyaman tapi tidak aman. Dipastikan fitur keamanan Yaris dapat mengamankan semua penumpang jika terjadi kecelakaan karena sudah menyiapkan 7 airbag yang berada di bagian kaca depan dan sisi penumpang. Ditambah lagi bagian kaki pengemudi.Dan semua ditanamkan pada semua tipe. Fitur Vehicle Stability Control (VSC) yang dapat mengontrol saat aklererasi dan tikungan. Mungkin ini mendapat masukan dari para pembalap Yaris ketika mengikuti lomba rally, karena track-nya kan penuh dengan tikungan-tikungan tajam. Lalu ada fitur Hill Start Assist (HSA) yang menjamin mobil tidak akan mundur saat kondisi menanjak. Jadi kalo kalian kena macet di tanjakan, ikuti aja di belakang Yaris, dijamin aman karena tidak akan mundur dan menyenggol mobil kalian. Untuk pengereman sudah diadopsi sistem Anti-lock Braking System (ABS) plus Electronic Braking Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA). Jadi dengan ABS ini jika kita mengerem mendadak saat kecepatan tinggi, kondisi ban tidak akan mengunci yang dapat menyebabkan mobil tergelincir. Tapi ban tetap berputar sambil mengerem. Sedangkan EBD berfungsi untuk membagi tugas rem kepada setiap roda, sehingga bebannya terbagi ke semua roda. Kursi Yaris juga sudah mengadopsi isofix yang merupakan standar internasional untuk menalikan kursi bayi sehingga aman saat diajak berkendara. Untuk fitur keamanan Yaris sudah diakui oleh ASEAN NCAP safety dan meraih predikat bintang lima, yang merupakan penghargaan tertinggi.

Nah bagaimana dengan penampilan eksteriornya? Simak nih baik-baik. Dijamin gebetan bakal ngiler.

– Dynamic Headlamps with TRD Red Ring Accent
– Energetic New 16″ Alloy Wheel
– Fun TRD Rear Roof Spoiler
– LED Daytime Running Light (DRL)
– Integrated LED Rear Combination Lamp
– Bold Front Bumper
– Sporty Rear Bumper

Sedangkan interiornya bakal bikin gebetan lo bilang yess saat lo nembak di dalam Yaris. Hadir dengan tekonologi modern di setiap sudut kabin, head unit hadir dengan kompatible dari berbagai device, stir mobil berbalut kulit dan dapat mengendalikan audio dengan mudah karena ada tombol-tombol kecil dibagian stir tersebut untuk mengubah volume atau stasiun radio. Ada pilihan untuk Eco Mode untuk ngirit bahan bakar, dapat digunakan saat tanggal tua. Atau mode Sport untuk pamer kecepatan di samping gebetan. Panel indikator MID sudah menggunakan TFT yang dapat dengan mudah dibaca saat berkendara. AC sudah digital, tinggal pilih temperatur mau disamakan dengan yang di rumah atau kantor. Juga sudah menggunakan engine start or stop dengan menekan tombol, jadi tanpa kunci alias keyless.

Dengan fitur seperti di atas, Demas yang sudah 10 tahun menggeluti dunia balap langsung kesengsem dengan Yaris dan langsung menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Demas sangat menyukainya karena selain irit tapi powernya juga besar namun masih nyaman digunakan termasuk dalam kecepatan tinggi.

Tips dari Demas yang nanti akan terjun ke balap internasional yaitu, “Hargai dan nikmati proses yang sudah dilewati. Jangan kecewa jika mengalami kekalahan. Karena itu merupakan kemenangan yang tertunda. Tetap semangat dan terus bekerja keras.”

Berikut ini video keseruan acara tersebut

Be Sociable, Share!

Comments are closed.