Pengalaman Jual Beli Online di OLX

OLX-Logo-EPS-vector-imageSaat ini transaksi jual – beli melalui online sudah sangat marak di dunia maya. Barang apa saja bisa dijual atau dibeli. Kita tinggal cari di mesin mencari atau langsung di situs yang menyediakan platform jual – beli online. Saya sendiri sudah sering melakukan transaksi via online dan satu situs yang menjadi langganan saya adalah OLX. (www.olx.co.id)

Jika mendapat barang baru, tentu barang lama harus segera disingkirkan. Apalagi barang elektronik, jika disimpan lama harga barang tersebut akan jatuh. Daripada nanti tidak ada harganya dan memenuhi gudang sebaiknya segera dijual. Jika menjual kepada teman kadang kita malu karena dianggapnya sedang membutuhkan uang, padahal niatnya cuci gudang. Atau mereka akan menawar “Afgan” banget alias sadis, tanpa tedeng aling-aling langsung menawar 1/2 dari harga normal. Sadis kan?

Dalam pengalaman membeli biasanya saya mencari barang dengan kata kunci yang cukup akrab didengar. Waktu itu saya sedang membutuhkan sebuah “External Hardisk” segera saja saya search di websitenya OLX dan menemukan beberapa buah. Untuk lokasi, agar mempermudah dan mempercepat transaksi awalnya saya mencari yang terdekat di sekitar rumah, namun jika tidak ditemukan bisa mencari ke wilayah yang lebih luas lagi. Jika lokasi dekat, tentu akan cepat kita mendatangi tempat tersebut, jadi tidak perlu ada ongkos untuk pengiriman dan bisa melihat langsung barang yang diinginkan. Dan jangan lupa cantumkan kategori yang paling dekat dengan barang yang kita cari, untuk external harddisk tentu masuk dalam kategori “elektronik dan gadget”.

OLX3

Bagaimana dengan pengalaman menjual? Ketika membeli suatu barang, sebaiknya kita menyimpan baik-baik segala dokumen yang berhubungan dengan barang tersebut. Mulai dari kuitansi, kartu garansi hingga dus barang tersebut. Gunanya adalah saat kita akan menjual dokumen-dokumen tersebut sangat membantu dan bahkan bisa menaikkan harga. Selain itu jika tidak ada surat dokumen berikut dus nya bisa jadi barang kita dicurigai sebagai barang curian. Serem kan?

Untuk jenis transaksi, usahakan menggunakan COD (Cash On Delivery) baik untuk transaksi beli maupun jual. Untuk tempat bisa menggunakan lokasi yang disepakati namun sebaiknya dilakukan ditempat yang cukup ramai. Hal ini untuk mengantisipasi jika terjadi penipuan kita bisa langsung teriak dan mencari perhatian orang-orang sekitar. Namun itupun rasanya tidak mungkin karena data si penjual sudah ada di database OLX jadi jika terjadi kecurangan tinggal dilacak.

Demikian sedikit pengalaman tentang jual-beli online di OLX, semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply