Naksir Lirikan IGNIS, City Car Rasa SUV dari Suzuki

Melihat Suzuki Ignis, mobil keluaran terbaru dari Suzuki seperti melihat seorang gadis yang cantik, muda dan pintar. Exterior-nya terlihat anggun dengan penampilan bagian lampunya yang sudah dipasang lampu LED Projector dan Daytime Running Light (tipe GX). Selain itu tersemat juga lampu kabut yang dihiasi chrome menambah kecantikan mobil ini. Fungsi lampu kabut ini juga dapat memaksimalkan pengendara saat malam hari dan memberikan perasaan aman.

Beberapa bagian exterior dipasang desain dari beberapa kendaraan Suzuki yang legendaris, paling jelas adalah buritan samping yang mirip Escudo. Ditambah lagi velg dengan ukuran 15′, cukup besar untuk mobil sekelas 1.200 cc, jadi tidak perlu diupprage lagi. Warna-warnanya pun sangat modern tersedia 7 warna pilihan dual tone. Sepintas mirip mobil yang harganya 3-4 kali lipat.

Begitu juga dengan bagian interior yang tampil futuristik dan modern. Lingkar kemudi yang sudah dilengkapi untuk mengontrol Multi Information Display (MID), audio dengan tombol untuk mengendalikan head unit. Bisa menyetel lagu, atur volume, dan memindahkan radio, hanya dengan jentikan jempol dan tangan masih menempel di bagian setir. Fitur seperti ini biasanya dapat ditemukan pada mobil premium, tapi pada mobil sekelas Ignis yang harganya berkisar antara Rp.139,5 – 169,5 juta sudah tersedia. Head unit terlihat unik karena seperti terlihat menempel dari luar. Bawaan Ignis dapat memutar CD dan radio serta MP3. Bakal lebih cakep lagi kalau diganti dengan unit yang sudah dapat menampilkan internet.

Bagaimana dengan performa? Dengan mesin 1.200 cc dan sudah mengusung mesin DOHC dan VVT membuat bensin menjadi irit. Klaim Suzuki, konsumsi Ignis dapat mencapai 23,64 km per liter untuk transmisi manual dan 23,44 km per liter untuk transmisi otomatis. Jadi benar-benar irit kan seperti sifat seorang wanita juga hehe

Kelebihan lain Ignis adalah memiliki clearance atau jarak antar tanah dan body mobil cukup tinggi yaitu 70 cm, berbeda dengan mobil jenis sedan biasa yang lebih rendah. Tentu kelebihan ini dapat menerjang banjir yang biasa menerpa kota-kota saat musim hujan. Itulah mengapa mobil ini disebut juga sejenis SUV alias Sport Utility Vehicle versi mini. Dapat dibawa ke medan yang cukup nanjak dan curam, serta jalan yang bergelombang. Jadi bukan hanya untuk perkotaan saja, tapi dapat juga dibawa ke sekitar kawasan urban.

Ketika mencoba test drive saat ada pameran di Mall Kota Kasablankabeberapa waktu lalu, saat menyalakan mesin pun tidak perlu menggunakan kunci kontak, karena sudah mengusung kunci immobilize, lagi-lagi fitur yang biasa ditemukan pada mobil premium.

AC pun sudah otomatis, dapat diatur berdasarkantemperatur digital yang kita inginkan, seperti AC yang ada dirumah-rumah. Jadi bukan menggunakan angka 1,2 dan 3 lagi.

Peranti keamanan sudah ditanamkan secara maksimal, terdapat dua SRS Airbag pada semua tipe dan sudah mengusung Anti Lock Braking Sysytem (ABS) dan Electronic Brakeforce (EBD) artinya, ketika kita mengerem mendadak, roda tidak akan terkunci, namun tetap berputar tapi kecepatannya berkurang. Dengan demikian roda tidak akan terkunci yang dapat menyebabkan mobil dapat berputar dan tidak akan terkendali.

Suzuki Ignis cocok untuk keluarga muda yang baru mempunyai anak, tapi cocok juga untuk mahasiswa/mahasiswi. Buat orangtua yang berjiwa muda juga sangat cocok. Jadi jika mereka menggunakan Ignis bakal terlihat muda kembali. Jika ingin melihat lebih detail lagi dan melirik harga dan cicilannya dapat melihat Suzuki Ignis pada pameran IIMS yang berlangsung hingga 7 Mei 2017 nanti. Atau jika tidak sempat silahkan datang ke dealer Suzuki terdekat.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply