Mengintip Duet Avanza – Veloz di GIIAS 2015

Beberapa waktu lalu Toyota Astra Motor (TAM) mengeluarkan seri terbaru dari Avanza yaitu Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Sebagai kendaraan yang dikenal dengan mobil sejuta umat karena banyak diminati oleh masyarakat, pada beberapa bagian terdapat perubahan yang cukup signifikan baik untuk eksterior maupun interior.

Kesempatan untuk mengeksplorasi lebih jauh didapat ketika mendapat undangan untuk mengunjungi pameran GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show) yang berlangsung di ICE (Indonesia Convention Exebishion) yang terletak di BSD City. ICE sendiri merupakan pusat ekshibisi dan konvensi dengan luas area terbesar di Asia Tenggara. Dengan 10 hall berukuran raksasa, 1 Convention center yang megah dan 33 meeting room yang dibangun di atas total area 220.000 m2, ICE saat ini layak dianggap sebagai kebanggaan bagi Indonesia di mata dunia.

Suasana Booth Toyota

Saya sendiri memanfaatkan jasa shuttle bus untuk menuju ICE. Kebetulan terminal akhirnya terletak di Hall 10, tepat booth Toyota berada yang menempati setengah dari ruangan hall 10. Beberapa produk unggulan dari Toyota ditampilkan. Dengan tagline Toyota Lets Go Beyond tercatat sebanyak 41 kendaraan diperlihatkan mulai dari kendaraan LCGC (Low Cost Green Car) seperti Toyota Agya, hingga kendaraan mewah seperti Lexus. Mulai dari kendaraan ramah lingkungan seperti Mirai dengan zero emission dan iRoad mobil listrik roda tiga hingga kendaraan niaga yang terbaru seperti Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Toyota i-road

Kedua jenis kendaraan yang terakhir yaitu Veloz dan Avanza cukup menarik perhatian para pengunjung. Kedua mobil tersebut selalu dikerubungi, dimasuki, sampai tutup mesinnya pun ikut dibuka. SPG yang menjaganya tentu saja cukup kelimpungan ditengah beberapa orang yang ingin mengabadikan mobil tersebut. Namun dengan sigap beberapa marketing dari Toyota siap memberikan penjelasan kepada para pengunjung yang bertanya. Mulai dari harga, spesifikasi, dan tampilan baru yang tidak terdapat di versi lama.

Avanza Veloz

Ramainya booth Avanza dan Veloz di Hall 10 Toyota GIIAS 2015

Secara general kelebihan dari jenis mobil Toyota Avanza ini adalah anti banjir karena engine hood-nya terletak di atas. Jadi banjir sampai bagian atas grill juga tidak masalah. Terdapat 7 buah safety belt untuk 2 penumpang di depan, 3 penumpang di tengah dan 2 penumpang di belakang. Sudah menggunakan kunci mobil immobilize yang anti maling karena tidak dapat diduplikasi, side impact beam, cabin lebih kedap suara, menggunakan mesin baru dual vvt-I, kursi belakangan yang bisa dilipat dua kali (one touch tumble) dan suspensi yang nyaman.

Perbedaan yang utama antara Toyota New Veloz dan Toyota New Avanza adalah veloz lebih mengutamakan stylish, sedangkan Avanza mengutamakan fungsional. Itulah mengapa interior Veloz sangat elegan dengan menampilkan dashboard dan interior dengan tone berwarna hitam. Selain itu perangkat audio juga sudah menggunakan double din dengan ukuran 6,1” yang bisa memutar DVD dan compatible dengan ipod dan Bluetooth.

Sedangkan untuk exterior Veloz tampil lebih sporty dan berkarakter. Mulai dari desain lampu halogen yang sporty, juga tampilan grill yang terlihat tangguh. Velg juga menampilkan design yang sporty dan stylish, juga panel body yang lebih halus.

 

Fitur Grand New Veloz

Untuk Grand New Avanza tampilan eksterior antara lain grill baru dengan chrome garnish, desain baru untuk lampu utama dan lampu belakang, tampilan baru cetakan untuk bagian samping, dan panel yang lebih lembut. Tidak ketinggalan desain velg yang lebih atraktif.
Sedangkan untuk interior menampilkan dashboard dengan warna duotone black-brown, audio system double din 6,1” yang sudah ready ipod dan Bluetooth. Termasuk terdapat perubahan untuk indicator speedometer yang lebih memudahkan.

Fitur Grand New Avanza

Oya, Toyota juga akan mengadakan lomba blog dengan hadiah puluhan juta rupiah dengan tema mengulas seputar dua kendaraan terbarunya yaitu Grand New Avanza dan Veloz. Untuk lebih lengkapnya silahkan simak di link berikut ini. Juara 1-nya lumayan lho, siapa tau menang dan bisa menjadi buat bayar DP Grand New Avanza.

 

Be Sociable, Share!

Comments are closed.