Mengarungi Jeram Sungai Citarik Sukabumi (Hari ke 2)

Mungkin karena tidur terlalu larut semua bangun kesiangan. Rencananya kita akan mulai rafting jam 08.00 pagi, tapi jam segitu kita baru bangun semua! Instruktur dari Caldera sudah datang dan diputuskan harus segera berangkat menuju tempat pemberangkatan karena dikhawatirkan jika terlalu siang akan kembali hujan dan air menjadi naik. Kalau menurut beberapa teman justru malah menjadi tambah asyik, namun perlu waspada karena cukup berbahaya, apalagi banyak teman-teman yang baru pertama kali merasakan arung jeram. Ada satu orang dengan bangganya pernah arung jeram di Dunia Fantasi Ancol *toyor pake dayung*

Akhirnya diputuskan kita tidak perlu sarapan, cukup makan roti dan cemilan-cemilan ringan saja plus kopi sebagai penambah energi (asumsi pribadi). Dengan menggunakan pick-up terbuka, akhirnya kami ber-8 berangkat menuju lokasi pemberangkatan. Ternyata lumayan jauh juga ya menuju titik start. Melewati bukit, kebun sawit, jalan berbatu, hutan dan setelah jembatan, setelah sekitar 1 jam akhirnya tiba juga di lokasi start. Sebelum dimulai kita diberi pembekalan terlebih dahulu oleh instruktur baik saat di perahu maupun jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti perahu terbalik, terseret arus atau masuk ke dalam arus. *ketok-ketok helm*

Jika kita terlanjur masuk ke air karena perahu terbalik, yang kita lakukan adalah pertama jangan panik, gunakan gaya pasrah, badan menghadap ke atas, kita akan mengapung dengan sendirinya karena sudah menggunakan pelampung. Ikuti arus dengan kaki diangkat mengikuti arus sungai. Jadi kita tahu mana lokasi yang aman, yaitu yang tidak ada batu. Demikian tips singkat dari sang instruktur.

Dan akhirnya kita sudah siap untuk berangkat. Tim dibagi 2. Masing-masing 4 orang dalam satu perahu plus instruktur. Kami mengambil paket Crocodile dengan jarak 13 km yang akan ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam. Kami mulai mendayung sesuai dengan instruksi. Kadang maju, kadang mundur. Agar kompak kami menghitungnya bersama-sama. 1…2….3….

Saat mulai memasuki Sungai Citarik

Dimulai dari jeram-jeram kecil, dari jeram dengan grade 1, 2, 3 dan Boooom!!! begitu teriakan yang kami ucapkan jika menemukan jeram yang cukup dalam. Semakin lama semakin seru. Ditambah dengan pemandangan yang masih alami. Tanpa terasa kita sudah menempuh setengah perjalanan. Tiba disuatu tempat yang cukup tenang dan ada air terjun mini. Kita diperbolehkan turun dan berenang di sungai dan byurrrr…kami semua turun tapi ternyata dibawah sungai terdapat banyak batu yang menjebak. Awalnya kita membayangkan didasar sungai itu rata seperti di kolam renang. Tetapi salah besar. Banyak batu yang menjebak, alhasil kaki banyak terantuk batu dan lumayan sakit apalagi terkena tulang kering. Saya masih sempat melipir ke pinggir sungai dan menikmati air terjun. Beberapa teman terlanjur hanyut karena air cukup deras, diantaranya ada yang merasakan rasanya air Sungai Citarik. Beruntung tim rescue dari Caldera berhasil menarik dan mengangkat ke perahu.

Memasuki Jeram yang Cukup Dalam….

Setelah cukup beristirahat dan sedikit menenangkan diri akibat hanyut, perjalanan kembali dilanjutkan. Jeram-jeram semakin dahsyat, bahkan ada yang masuk ke grade 4. Boooom!!! Boooom!!! Suara sudah serak karena terlalu sering berteriak. Beruntung cuaca sangat bersahabat. Mendung tapi tidak hujan. Tidak panas jadi kami tidak terlalu kecapean dan bagi wanita kulit mereka tidak terbakar matahari.

Banyak sekali air yang memasuki perahu

 

Dan akhirnya, tanpa terasa perjalanan sudah memasuki garis finish. Tepat didepan resort kita menginap. 3 jam kami habiskan tanpa terasa. Seorang teman protes kenapa cepat selesai, kenapa tidak ambil paket yang 19 km yang finishnya di Palabuhanratu, padahal tadi dia ikut mengap-mengap saat hanyut 😀

Dan akhirnya kami finish dengan selamat….

Sebutir kelapa muda menjadi hidangan pembuka saat finish. Seger banget rasanya setelah 3 jam mengarungi jeram-jeram di Sungai Citarik ini. Sebelum mandi, kami sempatkan mengisi perut dengan sarapan yang terlewatkan tadi pagi. Seru abis! begitu tanggapan teman-teman saat diminta komentar saat menghabiskan sarapannya. Kita harus ulang. Kita harus kembali kesini dan naik level ke Grand Crocodile 19 km!!!

Be Sociable, Share!

Comments are closed.