Kiat Menulis Berita di Media Sosial

Sebagai blogger kita sering diundang untuk menghadiri suatu acara. Baik launching produk, pengenalan produk baru atau mengikuti seminar. Sebagai bentuk tanggung jawab moral dan apresiasi kepada yang mengundang sebagai blogger tentu saja kita harus melaporkan kegiatan tersebut dengan menuliskannya di dalam blog kita. Nah bagaimana cara yang paling efektif dan efisien untuk melaporkan kegiatan acara tersebut. Tinggalkan cara lama dengan mencatat di notes dengan alat tulis. Kini di era sosial media kita bisa memanfaatkan untuk membuat reportase.

Biasanya saya menggunakan twitter untuk membuat suatu reportase. Untuk memudahkan gunakan hashtag tertentu, misalnya #BlogShop. Ada beberapa keuntungan dengan menggunakan twitter ini :

1. Memudahkan saat kita akan menyalin menjadi postingan blog.

2. Memberikan informasi kepada followers tentang event yang sedang kita ikuti, jika followers merasa informasi tersebut bermanfaat tentu dia akan meretweet kicauan kita dan tidak menutup kemungkinan menambah follower. Saya mengalami hal tersebut, setiap selesai melakukan live tweet reportase selalu ada tambahan followers

3. Kadang yang punya acara mengadakan lomba live tweet untuk meramaikan acara di dunia online, kadang mereka menyediakan hadiah gadget yang lumayan, tidak menutup kemungkinan kita akan menang jika kicauan yang kita tulis bermanfaat, anggap saja bonus kalau menang. Beberapa kali saya berhasil memenangkan live tweet tersebut.

Nah, jika sudah selesai acara, saat kita senggang kita tinggal menyalinnya ke dalam blog kita. Tentu dengan penambahan -penambahan tertentu supaya tidak baku dan kaku. Saya sih biasanya posting di blog malam harinya supaya apa yang terjadi masih ingat. Dan tentu akan menjadi berita yang segar jika diposting semakin cepat. Jadi dalam hal ini kita harus berfikir seperti seorang jurnalis. Jika kita malas dan menunda postingan sampai beberapa hari tentu beritanya akan menjadi basi.

Hal ini berlaku juga jika kita melakukan suatu trip atau perjalanan. Akan terasa indah jika diselingi dengan foto-foto lokasi yang unik, jika menggunakan android bisa melakukan posting via instagram akan terlihat lebih indah dari aslinya dan membuat orang yang melihat cukup tergiur :)

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan reportase langsung atau live tweet ini. Jika menggunakan smarphone tentu saja baterai harus full, kalau perlu bawa cadangan baterai. Jika tidak ada kita harus bawa charge dan tidak jauh-jauh dari colokan listrik. Bisa juga dengan membawa charger mobile atau power bank. Agar lebih cepat dan lincah melakukan tweet gunakan smarphone yang menggunakan real tombol qwerty. Jangan menggunakan smarphone dengan layar sentuh karena sering typo (berdasarkan pengalaman pribadi).

Jika menggunakan notebook untuk jaringan internet lebih baik menggunakan modem sendiri, jangan menggunakan wifi yang tersedia, karena pasti akan rebutan dengan peserta lain dan pasti akan rebutan bandwith dan terjadi hang. Jika hal demikian terjadi tentu kita akan mati gaya bukan?

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan saat live report via twitter, semoga bermanfaat :)

Tulisan ini pernah dimuat di Harian Kompas 7 November 2012

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>