Jelajahi Keragaman Hayati di Alam Liar Australia Barat

Negara Bagian Australia Barat adalah salah satu negara bagian terluas di dunia. Dengan wilayah sebesar 2,6 juta kilometer persegi, Australia Barat memiliki rentang iklim mikro yang beragam. Mulai dari wilayah yang kering dan berbatu, seperti di Pilbara hingga kawasan yang berhutan lebat. Kondisi ini membuat Australia Barat memiliki kekayaan hayati yang sangat khas dan luar biasa. Beberapa spesies flora dan fauna, bahkan tidak ditemukan di belahan dunia lainnya.

Menikmati keragaman hayati Australia Barat, bisa anda nikmati baik diantara keramaian wilayah urban, maupun lokasi yang lebih menantang. Jika anda tak ingin menjauh dari hiruk pikuk perkotaan, namun sejenak ingin menikmati kawasan hijau, Kings Park dan Botanic Garden bisa jadi pilihan terbaik saat mengunjungi kota Perth, ibukota Negara Bagian Australia Barat.

Terletak hanya 1,5 kilometer dari pusat bisnis di kota Perth, kawasan hijau ini memiliki 319 spesies lokal tanaman dan 80 spesies burung. Saat musim panas, tempat ini menjadi tempat favorit warga Perth untuk menikmati hangatnya matahari.

Sedikit menjauh, dengan satu setengah jam berkendara anda akan bisa menikmati salah satu taman nasional tertua di Australia Barat, sekaligus kawasan konservasi di Australia. Berlokasi di Darling Ranges, Taman Nasional John Forrest menawarkan pengalaman luar biasa untuk berjalan kaki melintas tanaman perdu, pemandangan indah untuk bersepeda dan kolam alami untuk sekedar berendam atau berenang. Kawasan ini telah ditetapkan sebagai kawasan konservasi sejak tahun 1898.

Jika anda ingin menikmati petualangan yang lebih menantang, berkendaralah ke arah selatan selama empat setengah jam dari Perth menuju Walpole-Nornalup National Park. Adrenalin anda akan terpompa saat berjalan menikmati jembatan besi yang membentang di atas atap hutan sepanjang 600 meter di The Valley of the Giants Treetop Walk. Australia Barat juga terkenal dengan bunga-bunga liarnya. Kawasan Australia Barat memiliki lebih dari 12 ribu spesies bunga liar, dan 60% diantaranya adalah endemik, karena tidak ditemukan di wilayah lain di dunia ini. Saat berkembang, bunga-bunga liar ini bak hamparan karpet berwarna-warni membentang sepanjang enam bulan, mulai bulan Juni di belahan utara hingga November di kawasan selatan Australia Barat.

 

Salah satu tempat terbaik menikmati hamparan bunga liar ini adalah Kalbarri National Park di utara Australia Barat. Di taman nasional seluas 183 ribu hektar ini 1.100 jenis bunga liar bermekaran antara bulan Juli hingga Oktober setiap tahunnya. Di taman nasional ini pula, anda bisa menikmati kilas balik sejarah pembentukan alam 400 juta tahun silam, melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti bersepeda, menikmati arus sungai Murchison sambil menikmati pemandangan sekitar.

Yuk, kita jelajahi alam liar Australia Barat bersama orang-orang tercinta, dan dapatkan pengalaman tak terlupakan seumur hidup anda!

Be Sociable, Share!

Leave a Reply