Inilah 11 Kelebihan OS Android Terbaru “Red Velvet”

Sistem Operasi Android kembali hadir dengan fitur yang berfokus untuk mempermudah dalam melakukan berbagai hal penting di ponsel, seperti mengelola percakapan, perangkat yang terhubung, privasi, dan banyak lagi. Untuk mengenalkannya kepada Anda, inilah 11 kemampuan baru yang hadir bersama Android 11 atau dikenal dengan kode “Red Velvet” yang menjadi ciri khas penamaan dengan menggunakan dessert.

1. Banyak dari kita yang harus sering harus berganti-ganti aplikasi saat berkomunikasi menggunakan pesan teks. Di Android 11, percakapan dari berbagai aplikasi pesan yang Anda miliki akan disediakan dalam satu ruang khusus di bagian notifikasi, sehingga Anda dapat mengelola percakapan dengan lebih mudah. Anda juga dapat memprioritaskan percakapan dari orang-orang terpenting agar tidak ada pesan mereka yang terlewat.

2. Fitur balon membuat Anda dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus tanpa hambatan di perangkat. Kini Anda dapat menanggapi percakapan penting tanpa harus bolak-balik berpindah antara aplikasi yang sedang Anda buka dan aplikasi pesan.

3. Pengaturan bawaan untuk merekam layar akhirnya tersedia. Sekarang Anda dapat merekam dan membagikan apa yang terjadi pada ponsel Anda. Rekam dengan menyertakan suara dari mikrofon, perangkat, atau keduanya—tidak perlu aplikasi tambahan.

4. Anda sekarang bisa mengakses semua perangkat cerdas Anda di satu tempat, cukup dengan menekan dan menahan tombol daya (power). Kontrol perangkat yang terhubung seperti smart TV dan smart speakers dengan sekali ketuk tanpa harus membuka beberapa aplikasi.

5. Desain kontrol media telah diperbarui dan kini jauh lebih memudahkan. Anda pun dapat mengganti perangkat yang memutar media, sehingga Anda bisa memindah musik dari headphone ke speaker tanpa melewatkan satu nada pun.

6.Android Auto sekarang berfungsi secara nirkabel untuk semua ponsel yang menjalankan Android 11, asalkan Anda memiliki kendaraan yang kompatibel. Dengan demikian, Anda dapat terus menggunakan fitur-fitur terbaik ponsel tanpa ada kabel yang mengganggu saat mengemudi, seperti mengaktifkan petunjuk arah dengan sekali ketuk, meminta ponsel mengirimkan pesan teks melalui perintah suara, memutar media favorit Anda, dan mendapatkan bantuan dari Asisten Google.

7. Izin sekali pakai membuat Anda dapat memberikan akses satu kali ke fitur sensor perangkat yang paling sensitif seperti: mikrofon, kamera, dan lokasi. Jika di kemudian hari membutuhkan lagi akses ke sensor perangkat, suatu aplikasi harus meminta izin ulang kepada Anda.

8. Saat sudah lama tidak digunakan, sebaiknya sebuah aplikasi tidak diperbolehkan untuk terus mengakses data. Sekarang, Android akan “mereset otomatis” izin untuk aplikasi yang lama tidak digunakan dan memberi tahu Anda tentang ini. Anda selalu bisa memberikan kembali izin kepada aplikasi tersebut saat ingin menggunakannya.

9. Dengan modul update sistem tambahan Google Play, akan ada lebih banyak perbaikan keamanan dan privasi yang dapat segera dikirimkan ke ponsel Anda dari Google Play, dengan cara yang sama seperti proses update aplikasi. Begitu perbaikan tersedia, Anda akan mendapatkannya tanpa harus menunggu update OS yang menyeluruh.

10. Bagi pengguna Android Enterprise, Android 11 membekali perangkat milik perusahaan yang Anda gunakan dengan perlindungan privasi seperti yang biasa tersedia di perangkat pribadi. Departemen TI dapat menggunakan seperangkat alat untuk mengelola perangkat Anda melalui profil kerja, tanpa memantau data atau aktivitas yang Anda lakukan di profil pribadi.

11. Jika menggunakan Pixel 2 atau yang lebih baru, Anda akan mendapatkan sejumlah alat tambahan untuk mengatur dan mengelola ponsel, seperti saran aplikasi berdasarkan rutinitas sehari-hari Anda, tindakan baru yang memungkinkan Anda memilih teks atau gambar, atau mengambil screenshot atas sebuah aplikasi, dan lain-lain.

Be Sociable, Share!

Comments are closed.