Dokter Jerman Pencipta Sepatu “DocMart”

Adalah Klaus Martens, seorang dokter tentara Jerman selama Perang Dunia II yang secara tidak sengaja menciptakan sepatu legendaris Dr. Martens. Saat cuti pada tahun 1945, ia mengalami cedera pergelangan kaki saat bermain ski di Pegunungan Alpen. Ia menemukan bahwa sepatu pasukannya terlalu tidak nyaman pada kaki yang cedera. Saat pemulihkan, ia mencoba merancang dan memperbaiki sepatunya, mengganti kulit dengan yang lebih lembut hingga membuat sol udara yang empuk terbuat dari ban. Maka, jadilah sepasang kulit hitam klasik Dr. Martens sepatu bot, dengan jahitan benang kuning khas disekitar sol sepatunya.

Dr Martens

Martens tidak berniat menjual sepatunya sampai ia bertemu dengan seorang teman lama saat kuliah, Dr. Herbert Funck, di Munich pada tahun 1947. Funck tertarik dengan desain sepatu baru, dan mulai menjualnya di Seeshaupt, Jerman. Hasilnya sepatu tersebut disukai ibu rumah tangga, dengan 80% dari penjualan pada dekade pertama akan wanita di atas usia 40.

Penjualan sepatu Dr. Martens meningkat pesat dan pada tahun 1952 mereka membuka pabrik di Munich. Pada tahun 1959, mulai go internasional. Produsen sepatu Inggris R. Griggs Group Ltd membeli hak paten untuk memproduksi sepatu di Inggris. Mereka menambahkan merek dagang jahitan kuning, dan merek dagang sol sebagai AirWair.

Sepatu boots Dr. Martens pertama di Inggris diluncurkan pada tanggal 1 April 1960. Dikenal sebagai tipe 1460 dan masih diproduksi hingga sekarang. Dengan desain kulit halus yang terdiri dari delapan lubang oxblood berwarna dan dijahit dengan benang khas warna kuning.

Dr Martens

Sepatu bot Dr. Martens menjadi populer pada era 1990-an saat era grunge. Apalagi saat dipakai icon generasi 90-an saat itu yaitu Kurt Cobain, kontan hampir semua orang mengikutinya dan menjadi trend, termasuk para mahasiswa di kampus-kampus Indonesia. Era sepatu DocMart sempat redup beberapa tahun, namun kini mulai digemari lagi.

Beberapa selebritis secara terang-terangan menggunakannya di depan umum, seperti yang dilakukan oleh keluarga David Beckham dan pasangan Adam Levine. Bahkan artis Miley Cyrus menggunakannya dalam salah satu video klipnya “Wrecking Ball”.

Dr Martens - celeb

Hukum ekonomi berlaku, jika suatu barang banyak digemari, maka akan banyak barang palsunya. Nah untuk mendapatkan sepatu dr martens original sebaiknya kita cari di toko-toko resmi atau website yang terpercaya.

Be Sociable, Share!

Comments are closed.