Dilema Jelang Liburan : Booking Tiket atau Pesan Hotel Dulu?

Memasuki tahun baru, harus ada rencana juga untuk liburan bersama keluarga di tahun yang baru. Kalau tahun lalu sempat jalan-jalan ke Pulau Bintan, untuk tahun ini rencananya nggak harus jauh-jauh ya, cukup Jogja deh untuk tujuan liburan bersama keluarga. Cukup banyak destinasi baru selain ikon Jalan Malioboro dan Keraton Jogjakarta. Rencananya sih pengen ke Museum Trick Eye De Mata , lalu lanjut mau main air ke Umbul Ponggok yang lagi hits di daerah Klaten, ngejar sunset di Candi Ratu Boko dan kulineran di Jogjakarta.

Museum Trick Eye De Mata ini merupakan wahana museum 3 dimensi, 4 dimensi dan 5 dimensi. Kita dapat berinteraksi dengan objek gambar yang ada dan hasilnya di dalam foto seperti bentuk aslinya. Berdiri sejak tahun 2013, museum ini banyak didatangi oleh wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Lokasinya berada di XT Square Jalan Veteran 150-151 Umbul Hardjo Jogjakarta.

Museun De Mata (Foto: http://www.dematamuseum.com)

Sedangkan Umbul Ponggok adalah destinasi wisata air yang terletak di Desa Ponggok, Klaten. Tempat ini berupa kolam yang jernih sehingga dapat melakukan kegiatan berenang, snorkeling dan menyelam. Beberapa atraksi yang dapat dilakukan adalah melakukan sesi foto di dalam air bersama dengan berbagai macam properti seperti motor, becak, sepeda dan lain-lain sehingga terlihat sangat menarik ketika diunduh di media sosial. Seru kan?

Umbul Ponggok (Foto : kampoengilmu.com)

Destinasi ketiga yang ingin dikunjungi adalah Candi Ratu Boko yang terletak di Bokohardjo, Prambanan Jogja. Candi yang dibangun pada abad ke-8 ini berada di atas bukit dan kita dapat melihat pemandangan Kota Jogjakarta dan Gunung Merapi. Penampakan Candi ini akan terasa magis jika dilihat saat menjelang senja. Melihat banyak foto-foto yang beredar di social media, membuat keinginan menuju tempat ini menjadi sangat menggebu.

Candi Boko (Foto : Eksotisjogja.com)

Selain ketiga objek wisata di atas, masih banyak lagi yang bisa diexplore termasuk untuk wisata kulinernya. Kalau yang lainnya nanti hunting on the spot aja biar lebih seru dan lebih asyik petualangannya.

Namun ada satu permasalahan klasik saat akan liburan yaitu sulitnya menentukan diantara dua pilihan : booking tiket pesawat dulu atau pesen hotel dulu? Kalau booking tiket pesawat dulu, rencana akan gagal kalau ternyata hotel yang diinginkan udah fullbooked. Tapi kalau booking hotel dulu, takutnya penerbangannya udah penuh. Dilemanya seperti menentukan duluan mana ayam atau telur. Bingung kan?

Namun the show must go on. Akhirnya kita hunting tiket dan hotel via googling. Baik lewat smartphone maupun notebook. Baik lewat website maupun aplikasi. Dan akhirnya, setelah beberapa lama hunting tiket pesawat dan hotel, kita menemukan website yang melayani pembelian online tiket pesawat plus hotel! Senengnya minta ampun. Kayak nemu satu tempat parkir yang kosong di mall saat weekend!

Dengan menggunakan pesan paket pesawat hotel traveloka, selain praktis banget dan nggak buang-buang waktu, juga bisa menghemat mat mat biaya pengeluaran sampai 20%. Lumayan kan sisanya bisa buat ngangkring di Malioboro. Ini tanpa menggunakan promo lho. Apalagi kalau ditambah promo bakalan lebih murah lagi. Selain itu metode pembayarannya pun beragam, bisa pake kartu kredit maupun debit.

Berikut pemesanan tiket dan hotel ke Jogjakarta via Traveloka

Jadi mulai sekarang nggak usah bingung lagi mau booking tiket pesawat dulu atau hotel karena sudah ada paket pesawat hotel traveloka yang sangat mudah dan saving time. Selain itu harganya juga lebih murah dibandingkan dengan pesan secara terpisah. Seperti pesen di fastfood kalo ngambil paket pasti kan lebih murah dibanding satuan. Begitu sih logikanya.

Oke setelah beres urusan tiket dan hotel, sekarang tinggal nyusun itinerarynya nih. 3 hari 2 malam cukup lah ya. Kalo pengen nggak penuh-penuh banget di lokasi wisatanya jangan pilih long weekend pasti wisatawannya membludak. Kecuali kalo memang sukanya rame-ramean. Kalau mau sedikit nyaman dan tenang, kita pilih weekend biasa aja dan ambil satu hari cuti. Oke siap2 liburan dulu yaa.

Be Sociable, Share!

Comments are closed.