ASUS ZenPower, Power Bank Mini Kapasitas Maxi

Power bank kini menjadi salah satu barang yang wajib dibawa bagi kaum digital. Apalagi jika memiliki mobilitas yang tinggi. Jadi lebih banyak melakukan kegiatan di luar ruang dibanding di dalam rumah atau kantor.

Saat ini banyak sekali power bank yang tersedia di pasaran dengan merek, bentuk sampai kapasitasnya yang berbeda-beda. Ada yang lebih mengedepankan bentuknya yang lucu, ada juga yang mengutamakan kapasitas. Saking besarnya kapasitas yang berpengaruh pada semakin besar pula bentuk power bank-nya sehingga jadinya lucu, power bank-nya malah lebih besar dari smartphonenya! Ya udah sekalian bawa aki mobil aja biar awet hehehe.

Cukup banyak merek-merek baru yang beredar, sedangkan untuk brand yang sudah ternama rasanya masih terbatas. Mereka lebih focus mengembangkan smartphone atau gadget dibanding sebuah power bank, padahal cukup potensial.

Merek ASUS yang selama ini dikenal sebagai produsen yang membuat barang elektronik seperti notebook, smartphone, dll, kini mulai melirik potensi power bank. Produk terakhir yang dirilis adalah ASUS ZenPower. Bentuknya cukup mungil, hanya seukuran kartu kredit, namun kapasitasnya lumayan besar yaitu 10.050mAh. Namun jangan coba-coba dimasukkan dompet karena seukuran kartu kredit karena tebalnya 12,2 cm.

ASUS ZenPower ini memiliki desain yang manis dan mudah digenggam dengan sudut yang halus. Untuk pengisian pertama diperlukan waktu sekitar 5,5 jam dengan menggunakan charge 5 V/2,4 A. Sedangkan untuk pengisian ke smartphone tergantung jumlah kapasitas batere yang ada di dalam smartphone kita. Untuk smartphone yang saya gunakan yang mempunyai kapasitas baterai 3.200 mAh diperlukan waktu sekitar 1 jam untuk sampai full 100%.

ASUS ZenPower ini juga memiliki fitur protection, jadi jika kita ngecharge power bank ini semalam suntuk (bersamaan dengan saat kita tidur dan dicabut saat kita bangun), jika sudah full otomatis listrik akan berhenti dan power bank tidak akan menerima listrik lagi. Dengan kondisi demikian kondisi power bank tidak akan panas atau over heat. Hal ini berbeda dengan smartphone yang biasa kita charge semalam suntuk, karena kebanyakan masih belum menggunakan fitur protection (kecuali model terbaru), listrik akan terus menerus masuk walau batere sudah terisi penuh, ini akan menyebabkan smarphone menjadi panas.

Hal inilah yang menyebabkan batere smartphone menjadi drop karena cell-cell nya menjadi rusak akibat over heat. Jadi disarankan jangan pernah nge-charge semalam suntuk, biarkan saja yang di charge itu power bank, karena jika batere smartphone sudah drop tentu memerlukan biaya yang cukup tinggi untuk menggantinya karena harus orisinil. Apalagi jika menggunakan smartphone yang baterenya tidak bisa dibuka, tentu harus menjual dengan smartphonenya.

Berapa kali ASUS ZenPower ini dapat nge-charge smartphone kamu? Tergantung berapa kapasitas batere yang ada di smartphone. Jika kapasitasnya 1.800 mAh, tinggal dibagi aja kapasitas batere ASUS PowerZen 10.050 : 1.800 = 5,5. Jadi power bank ASUS ZenPower ini bisa mengisi 5,5 kali.
Dengan harga dikisaran Rp.300.000,- power bank ASUS ZenPower sangat layak untuk dibeli, selain memberikan kemudahan saat kita kehabisan batere, juga dapat memperpanjang usia batere smartphone karena tidak lagi di charge semalam suntuk.

Berikut spesifikasi lengkap power bank Asus PowerZen :

Be Sociable, Share!

Comments are closed.