Ada Double Decker di Musium Transportasi Indonesia

Beberapa waktu lalu saya mendapat kesempatan mengunjungi Museum Transportasi Indonesia di Taman Mini Indonesia Indah. Museum ini berisi kendaraan-kendaraan umum yang pernah ada di Indonesia. Mulai dari jaman kemerdekaan hingga saat ini.

Ada beberapa kendaraan yang cukup unik seperti kereta api kepresidenan yang dibuat pada tahun 1930. Kereta ini memiliki gerbong yang terbuat dari kayu dengan interior yang sangat sederhana.

Ada juga koleksi pesawat yang disumbangkan oleh Garuda Indonesia tipe DC-9. Awalnya cukup bingung bagaimana membawa pesawat sebesar itu ke tempat ini. Akhirnya setelah dijelaskan mengerti juga. Pesawat dibagi menjadi 3 bagian, lalu dibawa oleh kontainer dan kembali dirakit setelah tiba di lokasi.

Koleksi lain adalah bis tingkat yang pernah hadir di Jakarta pada tahun 1980-an. Sekilas bis ini mirip dengan bis Double Decker di Inggris. Koleksi terbaru adalah taksi pertama di Indonesia yang disumbangkan oleh Blue Bird Group.Taksi ini beroperasi pada tahun 1972 buatan pabrik Holden jenis Torana. Berikut ini foto-foto kendaraan yang berada di museum transportasi di Indonesia.

Komplek Museum Kereta Presiden RI

Inilah lokomotif kereta Presiden RI jaman kemerdekaan

Tulisan Merdeka Ataoe Mati!! di gerbong yang terbuat dari kayu

Interior kereta Presiden RI jaman kemerdekaan

Pesawat Garuda Indonesia DC-9

Oplet Si Doel Anak Betawi

Bis Tingkat yang mirip Double Decker

Taksi Blue Bird koleksi terbaru Museum Transportasi Indonesia

Be Sociable, Share!

Comments are closed.