Acer Iconia W4 : Kombinasi Sempurna antara Teknologi dan Evolusi

Perkembangan teknologi semakin hari semakin canggih saja. Evolusi yang terjadi begitu cepat. Kalau dulu teknologi berkembang dalam hitungan dekade. Tapi kini dalam hitungan tahun bahkan bulan sudah ada teknologi terbaru dengan inovasi yang mencengangkan. Termasuk dalam dunia gadget. Seperti perkembangan di dunia komputer. Awalnya komputer diwujudkan dalam sebuah PC atau personal computer berbentuk dekstop. Lalu berkembang menjadi sebuah laptop yang lebih simple karena bisa dibawa kemana-mana. Lalu berkembang lagi menjadi notebook dengan bentuk yang lebih kecil dan ringan. Dari notebook kemudian berkembang lagi menjadi sebuah tablet, sebuah perangkat komputer tanpa menggunakan keyboard dan mengadopsi layar sentuh. Sepertinya sudah menjadi sebuah kewajiban bagi seseorang yang bekerja di dunia IT harus memiliki sebuah notebook sekaligus tablet. Cukup merepotkan karena harus membawa dua gadget sekaligus termasuk dengan segala aksesorisnya. Sudah terbayang berapa besar dan beratnya tas yang harus dibawa.

Menjawab antara kebutuhan dan kerumitan tersebut Acer mengeluarkan beberapa seri yang mengadopsi kedua gadget tersebut. Sebuah notebook yang bisa berfungsi juga sebagai sebuah gadget. Atau kebalikannya. Jadi tidak perlu membawa 2 gadget. Tapi cukup satu saja. Praktis dan ekonomis karena cukup membeli satu saja.

Acer Iconia W4 #2in1 bisa jadi notebook dan tablet sekaligus

Adalah Acer Iconia W4 sebuah gadget berukuran 8″ dan menggunakan sistem operasi Windows 8.1 yang mengusung #Techvolution2 yaitu menerapkan teknologi dan evolusi generasi ke-2. Generasi pertama sudah diadopsi di Acer Iconia W3. (Reviewnya bisa dilihat disini). Adapun keunggulan yang diusung oleh Acer Iconia W4 adalah teknologi yang lebih cepat (faster), gambar yang lebih tajam (sharper) dan berat yang lebih ringan (lighter).

Lebih Cepat. Acer Iconia W4 lebih cepat dibanding pendahulunya Iconia W3 karena sudah menggunakan prosesor Intel Atom Z3740 Bay Trial quad core 1,8 GHz. Sementara W3 masih menggunakan dual core. Artinya adalah W4 ini lebih cepat dua kali lipat.

Lebih Tajam. Jika ingin mengetes ketajaman gambar sebuah produk coba test dengan cara melihat dari sudut sempit. Jika gambar masih terlihat jelas berarti produk tersebut sudah mengusung teknologi yang canggih. Hal ini berlaku juga untuk Acer Iconia W4. Ketika saya coba lihat hingga 170 derajat gambar masih terlihat jelas dan tajam. Hal ini disebabkan karena Iconia W4 sudah mengusung teknologi In Plane Switcing (IPS) dengan resolusi 1280 x 800 pixel dengan kerapatan layar 186 ppi.  Selain itu Iconia W4 juga sudah menggunakan teknologi  Zero Air Gap yang menampilkan gambar yang jernih dan tajam. Bukan hanya gambar saja yang jernih tapi juga untuk melihat video dan teks.

Lebih Ringan. Bobot layar Iconia W4 400 gram saja. Sedangkan untuk keyboardnya 380 gram dan ketebalannya 10, 75 mm. Dimensi ini lebih ringan dibanding pendahulunya. Untuk layar masih sama yaitu 8 inch. Ukuran ini dirasakan pas saat digunakan, baik dalam genggaman tangan maupun saat mengetik. Kenyamanan dan kepraktisan Iconia W4 ini tidak perlu menggunakan kabel atau konektor untuk menyambungkan perangkat layar dan keyboard karena sudah tersambung menggunakan teknologi bluetooth. Jadi tinggal tancapkan saja pada casingnya yang juga berfungsi sebagai pelindung gadget.

Lebih Hemat. Dengan menggunakan prosesor quad core akan memberikan efiseinsi daya dengan baik sehingga berdampak pada penghematan energi. Dalam pemakaian normal baterai Iconia W4 bisa bertahan hingga 10 jam. Lebih dari office hour yang 8 jam. Bonus 2 jam bisa digunakan untuk lembur atau hangout di cafe bareng temen after office hour. Jadi tidak perlu membawa charger. Sesampainya di rumah baru di charge sampai full.

Lebih Luas. Memori internal yang tertanam di Acer Iconia W4 sebesar 32 GB. Bisa memuat ribuan file foto, lagu bahkan film. Ruang sebesar itu rasanya lebih dari cukup, apalagi sekarang dalam Windows 8.1 sudah bisa menggunakan teknologi penyimpanan melalui cloud. Jika masih kurang masih bisa menggunakan memory MicroSD hingga 64 GB.

Selain kelebihan-kelebihan diatas, Acer Iconia W4 juga menyediakan fitur-fitur yang menjawab kebutuhan SpAcer dan trend terkini seperti konektifitas yang sudah mengusung teknologi 3G. Jadi tidak perlu menggunakan modem untuk koneksi atau mengandalkan Wifi. Jadi fungsinya sudah bisa seperti smartphone.

Acer Iconia W4 juga mengakomodasi trend saat ini yaitu foto selfie dengan menyediakan kamera depan 2 MP dan kamera belakang 5 MP dengan fitur autofocus dan bisa merekam dengan resolusi 720p dan dengan frame rate 60 fps. Kamera depan juga bisa digunakan untuk videocall dan skype.

Satu yang saya suka dari salah satu fitur Iconia W4 ini adalah port HDMI. Dengan menggunakan port HDMI ini kita bisa menampilkan apa yang ada di gadget bisa tampil juga di layar TV yang lebih besar. Tentu dengan menggunakan TV yang sudah mengusung port HDMI juga. Dengan fitur ini saya bisa bermain game di layar TV yang lebih leluasa. Saya membayangkan saat streaming siaran langsung sepakbola yang biasanya tidak ditayangkan di stasiun TV dan hanya bisa dilihat melalui streaming. Dengan fasilitas ini tentu saya bisa melihat tayangan tersebut langsung di TV. Jadi seperti melihat siaran langsung di TV seperti biasa.

Fitur HDMI bisa bermain games di TV yang lebih besar

Dengan Tagline #Techvolution2 ini Acer Iconia W4 ini benar-benar menjawab apa yang diinginkan oleh para SpAcer selama ini. Pengguna sangat terbantu dengan hadirnya gadget ini. Bisa menggunakan sebagai tablet mode:on untuk kegiatan sosialita, multi media dan entertaintment dengan ribuan aplikasi dari Windows 8.1. Ternyata setelah di explore lebih jauh aplikasi yang ada di Windows ini tidak kalah dengan sistem operasi lainnya. Selama ini kita terpaku pada satu sistem operasi yang kata orang bagus tapi cobalah eksplorasi Windows ini. Bahkan saya menemukan adanya aplikasi yang lebih canggih dibanding lainnya.

Untuk notebook mode:on seperti biasa kita bisa menggunakan program yang sudah sangat familiar seperti keluarga dari MsOffice yaitu Word, Excel dan PowerPoint. Program ini sangat membantu untuk kegiatan produktifikas pekerjaan kita sehari-hari. Sampai saat ini belum ada pengganti yang sepadan dengan MsOffice ini. Beruntung program Windows 8.1 ini sudah termasuk dalam paket pembelian jadi tidak perlu install lagi dan tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan.

Jadi bagi SpAcer yang memiliki mobilitas tinggi, suka bekerja dan bersosialita, Acer Iconia W4 #2in1 ini sangat cocok sebagai pendamping kegiatan sehari-hari. Bukan hanya 2in1 sih tapi sudah all in one memenuhi segala kebutuhan SpAcer!

SPIN YOUR LIFE AND BE PLAYFULL with Acer Iconia W4!

*) semua foto adalah koleksi pribadi

Be Sociable, Share!

Comments are closed.